23/11/2020

BAPPEDA SINJAI

BAPPEDA SINJAI

INI HASIL RAKORTEK BIDANG PEREKONOMIAN DAN SUMBER DAYA ALAM

Rapat koordinasi teknis (Rakortek) melalui Video Conference secara online antara Bappeda Sinjai dengan Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan dan beberapa OPD Provinsi mitra Bappeda Prov Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam yang diterima Kabid Infrastruktur dan Ekonomi A. Ika Fajarwaty Atma, ST., MT dan didampingi Kasubid Pertanian dan Perikanan, dilaksanakan di ruang rapat Bappeda Sinjai, Senin(13/40).

Berikut 26 usulan dan yang diakomodir 19 Bidang perekonomian dan Sumber Daya Alam :
Ketahanan Pangan : 2 usulan dan diakomodir semua berupa lumbung pangan dan pemanfaatan pekarangan.
Dinas Tanaman Pangan : 7 usulan dan diakomodir 3 usulan berupa usulan penyediaan tanaman holtikultura dan tanaman perkebunan
Dinas Perikanan : 2 usulan yang diakomodir semua usulan berupa penyediaan alat tangkap untuk kapal 5 GT dan penyediaan kapal 5 GT dengan melampirkan proposal dan nama kelompok penerima manfaat paling lambat sebelum bulan Mei 2020 atau sebelum penetapan KUA/PPAS.
Dinas ESDM : 3 usulan yang diakomodir 2 usulan, berupa PLTMH dan PLTS dengan memperhatikan ketersediaan anggaran.
Dinas Peternakan 3 Usulan dan diakomodir 3 usulan, berupa penyediaan unggas, penyediaan ternak besar (sapi) dan penyediaan ternak kecil (kambing) dengan melampirkan proposal dan nama kelompok penerima manfaat paling lambat sebelum bulan Mei 2020 atau sebelum penetapan KUA/PPAS.
Dinas Perdagangan 1 usulan diakomodir 1, penyelenggaran pasar rakyat dengan memperhatikan ketersediaan anggaran. Dinas Perindustrian 1 usulan diakomodir 1, pelatihan gula aren dan gula semut dengan menyiapkan 1 nama kelompok peserta.
Dinas Kehutanan : mengkomodir 2 usulan, berupa pembuatan konservasi tanah dan air, dan koordinasi pelaksanaan adaptasi dan mitigasi RAD (rencana aksi daerah) gas rumah kaca.
Dinas Tenaga Kerja : 2 usulan dan diakomodir 1 berupa pembuatan talud (padat karya).

Tujuan dari Rakortek ini untuk mensinkronisasikan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Provinsi maupun Kabupaten/Kota, agar lebih fokus dalam pelaksanaan berbagai program dan kegiatan.